Pengertian Batik dan Contohnya Nadya Selvina

Assalamulaikum wr.wb

Nama saya Nadya Selvina. Dari SDN Ditotrunan 01 Lumajang, kelas 5a, No.Absen 27, kelompok A2 disini saya akan menjelaskan tentang macam macam Batik dan contohnya !

Batik merupakan tradisi melukis di atas kain asli indonesia. Kain-kain digambar dengan aneka motif unik dan khas. Alat untuk melukis batik menggunakan canting dan lilin sebagai bahan pengencernya. Teknik pewarnaanya pun menggunakan bahan alami. Tanggal 2 oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Itu sebabnya setiap tanggal 2 oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Batik terbagi menjadi 2 yaitu Batik klasik dan Batik pesisir. Batik klasik adalah Batik yang dianggap asli atau belum mendapat pengaruh dari luar. Keunikan batik klasik yaitu motifnya lebih condong pada motif-motif geometris, pewarnaanya yang kalem serta lebih condong pada warna warna yang gelap. Keunikan yang lain yaitu adanya makna simbolis yang terkandung dalam motif hias batik kalsik. Makna simbolis itu berupa doa dan harapan yang baik pada pemakainya.

Sedangkan batik pesisir adalah batik yang berkembang di daerah pesisir pulau jawa. Batik pesisir telah banyak dipengaruhi budaya dari luar. Keunikan batik pesisir cenderung bersifat naturalis, menggunakan warna warna yang cerah. Batik pesisir mengabaikan makna simbolis dan lebih menakan segi keindahan nya. Batik pesisir ditemukan pengaruh budaya Eropa dan Tiongkok pada motif pesisir.

Berikut langkah langkah membuat batik:
 1. Menyiapkan alat dan bahan seperti kompor, kain, canting, lilin
 2. Membuat pola pada kain sesuai selera mu sendiri 
 3. Menutup bagian gambar dengan lilin 
 4. Tunggu sekitar 20 menit untuk dikeringkan 
 5.  Siapkan larutan untuk merendam kain
 6. Celupkan kain nya ke dalam wadah yang sudah di siapkan sampai lilinya hilang
 7. Lalu jemur sampai kering. Jadi dehh...kalau ingin diwarna boleh saja. 

BATIK KLASIK:

 Batik Sido Luruh






Batik Sido Mulyo





Batik Kawung





BATIK PESISIR:





                             Batik pesisir Pekalongan
       
                             Batik pesisir Cirebon

                             Batik pesisir pantai





















0 Response to "Pengertian Batik dan Contohnya Nadya Selvina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan