Cerita Kegiatan Pondok Ramadhan Karya: Adinda Aziza Nur Islami


Assalamualaikum wr.wb. Teman-teman tentunya bulan ramadhan sudah hampir selesai. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, kali ini saya akan menceritakan yang berjudul  Kegiatan Pondok Ramadhan. Perkenalkan nama saya Adinda Aziza Nur Islami saya duduk dibangku kelas 5A Dan bersekolah di SDN Ditotrunan 01 Lumajang.

                                   Kegiatan Pondok Ramadhan

Jam 08.00 pagi kegiatan pondok ramadhan SDN Ditotrunan 01 Lumajang kelas 5 dimulai  dan anak perempuan berkumpul di Mushola perempuan sedangkan anak laki-laki berkumpul di Mushola laki-laki. Kegiatan ramadhan adalah berkultum atau bercerita tentang agama. Kultum pertama disampaikan oleh: Bu guru Khuzaimah yang berkultum tentang menghorrmati  bapak ibu guru, tentunya kita harus menghormati bapak ibu guru karena itu Akhlaq yang wajib dilakukan. Jika kita bertemu kita harus menyapa dan bersalaman ketika bertemu.

Dan kultum yang kedua disampaikan oleh ibu guru Bu Vian yang berkultum tentang puasa dan zakat. Puasa adalah: menahan lapardari terbit fajar hingga terbenam matahari dan menahan rasa lapar sedangkan zakat adalah: sejumlah harta  tertentu yang diwajibkan Allah swt untuk diserahkan kepada orang yang berhak. Orang yang wajib menerima zakat dibagi menjadi 8 yaitu: Fakir, Miskin, Pengurus, Mu’alaf, Kisabillah, orang berhutang, budak, dan ibnu sabil itulah orang-orang yang berhak menerima zakat.

Seusai Bu Vian berkultum dilanjutkan oleh Bu Ervin yang akan berkultum tentang tata cara berwudhu. Tata cara berwudhu ada 6 yaitu:
1.         Niat ketika membasuh muka
2.         Membasuh muka
3.         Membasuh kedua tangan sampai siku
4.         Mengusap sebagai kepala
5.         Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6.         Tertib atau urut

Kultum yang terakhir adalah kultum yang disampaikan oleh bu Maya yang berkultum tentang shalat. Shalat adalah ibadah yang diawali takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam, shalat bisa disebut juga dengan ibadah yang dihisap pertama kali. Jika seseorang sakit atau dalam kondisi lainnya, shalatnya bisa dilaksanakan dengan duduk. Dan Lailatul Qadr adalah malam terakhir dari bulan ramadhan.

Setelah semua kultum yang disampaikan oleh ibu guru selesai selanjutnya anak perempuan melaksanakan shalat duhur karena sudah memasuki waktu duhur dan pukul 11.35. Semua anak perempuan mengambil wudhu, seusai setelah semua shalat duhur dilaksanakan dan imami oleh ibu guru Maya. Sekitar 10 menit shalat duhur selesai dan Bu maya berkata “anak-anak pulang dulu kerumah masih-masing dan pukul 14.30 anak-anak kembali kesekolah untuk melanjutkan kegiatanya.

Tak terasa pukul 14.30 sudah hampir mendekati saya berkemas-kemas untuk kembali lagi kesekolah. Setelah sampai disekolah teman-teman langsung mengambil wudhu lagi untuk melaksanakan shalat Ashar. Shalat kali ini yaitu shalat ashar di imami oleh Pak Krisna wali kelas 5C. 

Setelah melaksanakan shalat ashar, tak terasa sudah pukul 15.10. teman-teman pergi ke kelas 1 untuk melaksanakan tadarus Al-Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Abdullah. Subhanallah suara ustadz tersebut merdu sekali karena ustadz tersebut berasal pondok atau pesantren. Al-Qu’an yang dibaca adalah Qur’an surat AL-Imron ayat 10. Kita membaca Al-Qur’an sampai pukul 16.30.

Seusai itu kita pergi ke kelas 3 untuk melaksanakan buka bersama. Setiap anak mendapatkan 1 kotak nasi, Aqua, dan es buah. Menu yang saya makan adalah: Ayam bakar, capjay, udang crispy, kerupuk, nasi dan dua snack. Namun kita tidak langsung memakan tetapi meminum aqua terlebih dahulu, karena mau melaksanakan shalat magrib. Alhamdulliah.... suara adzan magrib terdengar kita langsung meminum aqua dan mengambil wudhu, untuk shalat magrib.

Setelah shalat magrib kita langsung memakan makanan.... subhanallah kita memakan dengan lahap dan pelan-pelan supaya tidak tersedak. Setelah kita makan lalu kita mennyalakan kembang api bersama teman-teman kelas 5A. Tak terasa suara tarhim isya dari masjid mulai terdengar. Selanjutnya kita mengambil wudhu untuk melaksanakan shalat isya dan teraweh dan ditambahi oleh shalat sunnah.

Seusai wudhu kita melaksanakan shalat isya yang di imami oleh Pak Krisna, dan disuruh shalat sunnah. Setelah shalat sunnah kita melaksanakan shalat terawih yang di imami oleh Pak Yovan, sekitar 30 menit kita melaksanakan shalat terawih dan tak terasa shalat terawih sudah selesai. Lalu kita kembali ke kelas 3 lagi untuk persiapan pulang, sebelum kita pulang, kita berpamitan terlebih dahuli kepada wali kelas kami dan kita pulang setelah berpamitan.

Terima kasih teman-teman sudah membaca cerita saya.... tolong dimaafkan bila ada salah kata, jika menarik tolong disebarkan ke teman-teman kalian lainnya. Assalamualaikum wr.wb.

0 Response to "Cerita Kegiatan Pondok Ramadhan Karya: Adinda Aziza Nur Islami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan