Kegiatan Pondok Ramadhan di SDN Ditotrunan 01 karya Maya Zahira


Assalamualaikum Wr.Wb. Teman-teman kali ini saya akan menceritakan tentang Kegiatan Pondok Ramadhan di SDN Ditotrunan 01. Perkenalkan dulu nama saya Maya Zahira kelas 5 dan saya sekolah di SDN Ditotrunan 01. Yukk simak cerita saya dibawah ini.


Kegiatan Pondok Ramadhan di
SDN Ditotrunan 01


         Jam 06.15 saya berangkat menuju sekolah untuk kegiatan Pondok Ramadhan. Bagi perempuan menuju ke mushola belakang, dan laki-laki berada di mushola depan. Sebelum melakukan kegiatan Pondok Ramadhan, saya dan teman yang lain melakukan sholat Dhuha yang mengimami adalah Bu Khuzaima. Stelah itu, kegiatan yang pertama adalah dibimbing oleh Bu Khuzaima yang berkultum tentang Ciri-ciri Anak Sholeh. Salah satu ciri-ciri anak sholeh adalah Bertemu bapak/ibu guru harus mengucapkan salam. Guru adalah pengganti orang tua di sekolah. Disaat Bu Khuzaima menjelaskan, semua murid menulis apa yang di jelaskan oleh Bu Khuzaima.

       Setelah Bu Khuzaima menerangkan, saya dan teman-teman semua diberi waktu istirahat selama 30 menit. Waktu 30 menit telah berlalu. Semua muris memasuki mushola untuk melanjutkan kegiatan Pondok Ramadhan. Kegiatan Pondok Ramadhan selanjutnya di bombing oleh Bu Vian yang menjelaskan tentang Puasa dan Zakat. Puasa adalah menahan makan dan minum mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Syarat sah puasa: 1. Islam 2. Berakal 3. Suci/tidak menstruasi. Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada orang yang membutuhkan.

Setelah Bu Vian yang membimbing Pondok Ramadhan, selanjutnya adalah Bu Ervin yang menjelaskan tentang Tata Cara Berwudhu. Fardhunya wudhu ada 6: 1). Niat ketika membasuh muka 2). Membasuh muka 3). Membasuh tangan 4). Mengusap kepala 5). Membasuh kaki sampai mata kaki 6). Tertib.

Setelah Bu Ervin, giliran Bu Maya yang menjelaskan tentang malam lailatul Qadar dan Shalat. Menurut ulama Lailatul Qadar adalah malam terakhir dari bulan ramadhan. Shalat Adalah ibadah yang diawali dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Shalat adalah ibadah yang dihisap pertama kali.
                                                                              
Setelah Bu Maya menjelaskan, semua muris melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah yang mengimami adalah Bu Maya. Setelah sholat, kami semua pulang dan nanti akan kembali ke sekolah pada pukul 14.30. Semua anak-anak pulang begitu juga dengan saya.

Jam telah menunjukkan pukul  14.30, saanya kembali ke sekolah. saya dan teman-teman langsung pergi menuju ke kelas 1. Di kelas 1 kami tadarus Al-quran bersama dan dibimbing oleh Ustd. Abdullah. Setelah jam 05.00, kami pergi ke lapangan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Setelah itu untuk kelas 5A, kami pergi ke kelas 3c untuk berbuka puasa di sana. Sudah menunjukkan pukul 17.30 , waktunya berbuka puasa. Disana kami berbuka dengan menu ayam bakar dan ada yang ayam Kentucky.

Kami berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu, lalu kami segera sholat maghrib. Setelah sholat maghrib kami memakan makanan yang sudah disiapkan. Ada es buah dan makanan ringan. Setelah kami makan bersama, lalu semua murid kelas 5, menuju lapangan untuk bermain petasan kembang api. Setelah bermain petasan semua segera berwudhu dan melakukan sholat isyak dan sholat tarawih. Setelah sholat tarawih kami diperbolehkan untuk pulang pada pukul 20.00.

Terima kasih telah membaca cerita saya diatas. Mohon maaf bila ada kata. Wassalamualaikum. Wr.Wb.






        




0 Response to "Kegiatan Pondok Ramadhan di SDN Ditotrunan 01 karya Maya Zahira"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan