Kegiatan Pondok Ramadhan Oleh Nadya Selvina

Assalamualaikum wr.wb Hai semuannya Kembali lagi dengan aku Nadya Selvina. Disini saya akan menceritakan tentang kegiatan pondok Ramadhan. okee simak baik baik yaa….;)

Jam 06. 35 saya sudah berada di sekolahan. Saya bertemu dengan teman teman yang ada di kelas. Tak lama kemudian pak bakri datang ke sekolahan. Kami memulai pondok romadhon dengan berdoa terlebih dahulu dan membaca surat surat pendek. Jam 08.10 kami berangkat ke mushola di samping kelas. Acara pertama diisi oleh bu Khuzaimah, yang menerangkan tentang menghormati orang tua dan guru. Berikut sedikit kultum oleh bu Khuzaimah:

Jika kita bertemu Bapak/ibu guru harus menyapa Karena bapak ibu guru merupakan pengganti orang tuamu. Ibu adalah pendusta besar, Belum makan bilang sudah makan, sakit bilang sehat demi anaknya. Bukan pendusta yang mendapat dosa tetapi dapat pahala. Tanpa ayah kita tidak akan lahir di dunia ini.
Setelah bu Khuzaimah Berkultum Kami melaksanakan sholat dhuha yang dipimpin oleh Bu Khuzaimah. Setelah melaksanakan sholat Dhuha Kami di beri waktu Istirahat 30 menit.

Setelah kami Istirahat Dilanjutkan acara ke dua diisi oleh bu Vian Yang berkultum tentang Puasa dan zakat. Berikut sedikit kultum dari bu vian :

 Puasa adlah menahan diri dari lapar dan hawa nafsu.
Syarat sah puasa adalah:
1.    Islam
2.    Tidak Gila
3.    Suci
Syarat wajib puasa adalah:
1.    Islam
2.    Berakal
3.    Sudah dewasa
Hal hal yang dapat membatalkan puasa adalah:
1.    Minum dan makan
2.    Berbohong
3.    Berhalangan
Hal hal yang dapat menambah pahala adalah:
1.    Tadarus alquran
2.    I’qtikaf di masjid
3.    Sholat sunnah
Makanan yang disunnahkan nabi adalah Kurma. Dan dianjurkan makan makanan yang manis.
Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan allah ntuk diserakan kepada orang yang berhak. Zakat dibedakan menjadi 2 yaitu
1.    Zakat fitrah
2.    Zakat maal
Orang yang memberi zakat disebut muzakil
Orang yang menerima zakat di sebut mustahig
Mustahig di bedakan menjadi 8 yaitu
1.    Fakir
2.    Miskin
3.    Amir
4.    Mualaf
5.    Kissabillilah
6.    Berhutang
7.    Budak
8.    Ibnusabil
Memberi zakat sebaiknya 2,7 kg atau 3,0 kg
Jika memberi uang sebaiknya 30rb
Syarat wajib zakat:
1.    Merdeka
2.    Islam
3.    Baligh atau berakal
4.    Harta yang di zakati telah mencapai nisaf
5.    Harta milik sepenuhnya
Setelah bu vian Berkultum dilanjutkan oleh bu Ervin yang berkultum tentang tata cara berwudhu. Berikut kultum nya:
Fardhu wudhu ada 6 yaitu:
1.    Niat ketika membasuh muka
2.    Membasuh muka
3.    Membasuh ke dua tangan sampai siku
4.    Mengusap sebagian kepala
5.    Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6.    Tertib dan urut

Doa sebelum wudhu:
 تَعَالَ للهِ اْفَرْضًا لاَصْغَرِ الْحَدَثِ لِرَفْعِ ى الْوُضُوْءَ نَوَيْتُ
 aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil karena allah ta’ala

Setelah Bu Ervin berkultum dilanjutkan oleh bu maya yang berkultum tentang shalat. Berikut kutumnya:

Laliatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Shalat adalah ibadah yang terdiri dari bacaan dan gerakan. Orang haji cara ibadahnya sholat di pesawat dengan cara tayamum.
Setelah kultum bu maya selesai kami melaksanakan sholat dhuhur yang diimami oleh bu maya. Lalu kami pulang dan kembali lagi kesekolah jam 14.30

Jam menunjukkan sudah pukul 14. 30. Saatnya kembali ke sekolahan. Akmi berkumpul di kelas 1a, Acara pertama yaitu tadarus qur’an dan belajar tajwid diisi oleh Ust. Abdullah sampai jam 17.00.  yang kita pelajari adalah surat Ar-rahman. Suara ust. Abdullah saat membaca ayat nya merduu sekali. Lalu ust. Abdullah memberikan pertanyaan tentang ayat yang kami pelajari. Ada sebagian anak yang dapat menjawab pertanyaannya.

Jam sudah menunnjukkan pukul 17.30 saatnya berbuka puasa kami berkumpul di kelas 3c untuk berbuka puasa. Para guru membagikan nasi kotak yang berisi  ayam bakar dan ayam Kentucky dan es buah. Kami bisa memilih salah satu menu. Saya meminum sebotol air mineral. Dulu untuk menghilangkan rasa haus. Sebelum berbuka kami sholat maghrib terlebih dahulu yang diimami oleh pak krisna. Setelah sholat selesai kami melanjutkan berbuka puasa. Hmm makanannya enk sekali. Terakhir kami meminum es buah. Seusai berbuka Kami menyalakan petasan bersama teman teman.
Tarhim sudah berkumandang kami siap siap untuk sholat. Tempat wudhu sudah penuh dengan anak. Sholat isya’ dipimpin oleh pak krisna dan sholat tarawih dimpin oleh pak yovan. Kami melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat dan 3 witir. Jam menunjukan pukul 20.45. kami bersiap siap untuk pulang, jam 21.00 kami pulang bersama sama.

0 Response to "Kegiatan Pondok Ramadhan Oleh Nadya Selvina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan