Kegiatan Pondok Ramadhan karya Wahyu Ramadhani Wijaya

Assalamualaikum Wr. Wb. Hai teman teman perkenalkan nama saya Wahyu Ramadhani W. Saya Sekolah di SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Saya kelas 5A.Disini saya akan menceritakan tentang kegiatan Pondok Ramadhan di SDN Ditoteunan 1.

Pagi sekitaran jam 6 saya bersiap siap untuk pergi ke sekolah. Sesampainya di sekolah saya menuju kelas. Setelah itu saya dan teman saya pergi ke mushola di dalam sekolah. Sebelum melakukan kegiatan Pondok Ramadhan. Saya dan teman teman saya shalat dhuha bersama sama. Setelah melakukan shalat dhuha saya dan teman teman saya  melakukan kegiatan Pondok Ramadhan Di mushola.Dan di kegiatan Pondok Ramadhan kita mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh guru.

Yang menyampaikan ceramah mengenai ciri ciri anak shaleh adalah Bu Khuzaima. Isi isi yang dipelajari adalah
 1.Bertemu Bapak/Ibu guru harus menyapa dan mengucapkan salam
 2.Kepada Bapak/Ibu guru harus bersikap sopan dan santun
 3.Guru adalah peganti orang tua di sekolah
 4.Ibu rela melakukan apa saja demi anaknya
 5. ibu adalah pendusta, pendusta yang mendapatkan pahala
 6.Ibu bekerja 24 jam, tanpa mengenal lelah
 7.Selain Ibu yang dihormati ayah juga harus di hormati
 8.Orang tua yang sakit harus didoakan agar cepat sembuh dan harus dirawat
 9.Orang perempuan pasti mengalami menstruasi
10.Orang menstruasi tidak boleh melakukan sholat dan puasa

Guru yang kedua adalah Bu Vian. Ceramah yang disampaikan adalah
Puasa dan zakat
1.Puasa adalah menahan makan dan minum, menahan nafsu
2.Puasa harus membaca niat
3.Puasa di bulan Ramadhan harus karena Allah Ta'ala
4. Syarat sah puasa:1.Islam
                                    2.Tidak gila
                                    3.Suci/tidak berhalangan
5. Syarat wajib puasa:1.Islam
                                       2.Berakhlaq
                                       3.Sudah dewasa
6. Hal yang membatalkan puasa :1.Makna dan
                                                            Minum dengan sengaja
                                                            2.Tidak melakukan hal yang kotor
                                                            3.Menstruasi
7. Makanan yang disunahkan untuk bebukan
     1.Kurma
     2.Makan makanan yang manis
Zakat
Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada orang yang membutuhkan.

Guru yang ke 3 adalah Bu Ervin
                           Tata cara berwudhu
1.Niat ketika membasuh muka
2.membasuh muka
3.membasuh tangan
4.Mengusap kepala
5.Membasuh kaki sampai mata kaki
6.Tertib
                             Doa sebelum wudhu

Nawaitul Wudhuu-A Li Rof IL Hadatsil Ash-Ghori Fardhon Lil laah Ta'Ala.

Guru yang ke 4 adalah Bu Maya

Menurut ulama adalah lailatul qadar adalah malam terakhir bulan ramadhan.

Pada pukul 18.15 semua anak pergi ke lapangan untuk bermain petasan kembang api.  Pada pukul 18.30 semua anak segera berwudhu untuk sholat Isyak dan tarawih.  Pukul 20.00 kami semua sudah diperbolehkan untuk pulang.


Terima kasih telah membaca cerita saya.  Wassaalmualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Kegiatan Pondok Ramadhan karya Wahyu Ramadhani Wijaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan